Outline, Rahasia untuk Menulis dengan Fokus

Salam hangat untuk para calon penulis handal dunia.

Tidak perlu berkecil hati jika karena saat ini kita sedang memulai belajar menulis. Seorang pemula yang terus bersemangat dan produktif menulis inSyaAllah akan segera mencapai anak tangga keberhasilan. 

Jika sebelumnya kita membiasakan menulis setiap ide yang muncul. Maka selanjutnya kita dapat mencoba mengembangkan sebuah outline dari bank ide tersebut.

Outline atau dikenal juga sebagai kerangka karangan adalah rencana penulisan yang menunjukkan alur tulisan yang akan dibuat. Outline dapat berbentuk poin-poin penting, daftar isi atau peta pikiran (mind map).

sumber: PPT Ekskul Menulis September 2023 - Endah Hayuning


Outline yang baik menjadi kunci kita untuk dapat menulis dengan fokus. Alur cerita atau rangkaian tulisan yang akan dibahas sudah ditetapkan dari awal. Hal ini dapat mengurangi kebuntuan saat mengembangkan cerita/tulisan. Dan yang tidak kalah penting, kita dapat  menghasilkan susunan tulisan lebih teratur dan berkesinambungan. 

sumber: PPT Ekskul Menulis September 2023 - Endah Hayuning


Contoh outline/kerangka karangan dapat dilihat di link berikut: Contoh OUTLINE

Wah, alhamdulillah kita sudah mengetahui salah satu rahasia untuk menulis dengan fokus ya. Tunggu apalagi, yuk segera mencoba!
 
#SalamSemangat






Comments

Popular posts from this blog

Contoh Outline/Kerangka Karangan

Bionarasi, selangkah mewujudkan mimpi menjadi penulis!